Senin, 10 Juni 2013

Bagian-bagian mata dan fungsinya

   Hai sahabat hidupku semuanya. kita pasti tau banget dengan yang namanya mata. tapi sebagian dari kita mungkin banyak yang belum tahu tentang Bagian-bagian dari mata. tapi tenang aja, kalau sahabat semua ingin tahu, sahabat semua bisa liat sendiri kok, pastinya hanya di hidupku blogspot. Dan kalau sahabat semua ingin mengetahui info yang lain. pengertian narkoba atau khasiat bunga cengkeh, juga kalian bisa dapatkan disini.

bagian-bagian mata dan fungsinya


Bagian-bagian mata dan fungsinya 

     Indra penglihat (Mata). Bola mata terletak didalam rongga mata dan beralaskan lapisan lemak. Ada tiga pasang otot yang menambatkan bola mata pada dinding rongga mata sebelah dalam. Otot-otot tersebut memungkinkan bola mata dapat digerakkan dan diarahkan kesuatu arah. 

Untuk lebih mengenal marilah kita baca struktur utama mata mulai dari depan, mata terdiri dari bagian-bagian berikut: 

  1. Kornea (Selaput bening) 
Kornea merupakan bagian depan bola mata, bersifat tembus cahaya, dan selalu dibasahi dengan air mata. Pada bagian yang lain, yakni bagian samping dan belakang bola mata terdapat selaput yang berwarna putih. Selaput itu disebut selaput putih mata (Sklera) 

     2.  Iris (Selaput pelangi) 
Iris merupakan bagian mata yang berwarna (Hitam, coklat, abu-abu, biru atau hijau). Iris merupakan selaput yang mmberi warna pada mata karna mengandung pigmen. Iris dapat mengembang dan mengerut. Iris berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk kedalam bagian mata. 

    3.  Pupil (Anak mata) 
Pupil merupakan bagian tengah dari selaput iris yang berlubang. Berbentuk bulat, dan berwarna gelap. Pupil dapat membesar dan mengecil, pupil berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya kemata. 

    4.  Lensa mata. 
Lensa mata merupakan bagian mata yang bening terletak dibelakan iris. lensa mata dapat berakomodasi (Mencembung dan memipih). Yang berguna untuk mengatur bayangan benda tepat jatuh pada bintik kuning. Kemampuan lensa mata untuk mencembung dan memipih disebut Daya akomodasi. 

    5.  Retina (Selaput jala) 
Retina merupakan selaput tipis dan membatasi bagian dalam mata. Fungsinya sebagai pengangkap bayangan karna mengandung sel-sel penglihat yang peka terhadap rangsang cahaya. 

    6.  Bintik kuning, 
Bintik kuning merupakan tempat yang paling peka terhadap rangsangan cahaya karna, bintik kuning paling banyak menganduk sel-sel penglihat. Bintik kuning merupakan cekungan yang terdapat pada retina. Suatu benda akan terlihat paling jelas bila bayangan benda tersebut jatuh pada bintik kuning. 

    7.  Bintik buta 
Bintik buta merupakan tempat masuk dan membeloknya bekas saraf menuju otak. Berbeda dengan bintik kuning, bintik buta tidak memeliki sel-sel penglihat sehingga tidak dapat menanggapi rangsangan cahaya. 

 Gimana.?? wawasan kita semakin bertambah lagi kan. dan semoga bermanfaat buat sahabat semua..  Sherkan kalau tertarik ya.???

1 komentar: