Kamis, 06 Juni 2013

faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman

    Oke sahabat semua, Kalau kemaren pengertian narkoba telah sukses dipostingkan. kali ini khusus buat yang pengen membuat tanaman kita menjadi sehat dan indah. tentu aja ada langkah-langkahnya. dan tenang aja. kalau sahabat semua ingin, sahabat hidupku. kunjungi aja blog hidupku,

faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman


Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman


      Terjadinya pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman dipengaruhi oleh beberapa faktor, beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman antara lain: 

1. Suhu 
Suhu sangat mempengaruhi beberapa proses yang terjadi pada tumbuhan. Misalnya proses fotosintesis, transpirasi, respirasi, perkecambahan, dan pembuangan. Jika temperatur meningkat atau naik maka laju fotosintesis, transpirasi dan respirasi juga meningkat. Tumbuhan akan tumbuh dengan baik jika suhu pada siang hari lbih tinggi sekitar 10°c-15°c dari pada suhu dimalam hari. Beberapa jenis tumbuhan mempunyai suhu yan berbeda-beda untuk dapat terjadinya perkecambahan. 

2. Cahaya 
Kualitas cahaya lebih menunjukkan kepada terang tidaknya cahaya dan tajam tidaknya cahaya matahari. Kuantitas cahaya matahari tidak sama pada setiap musim. Di Indonesia yang hanya mempunyai dua musim, cahaya matahari akan terpancar lebih maksimum pada musim kemarau daripada musim penghujan. Dengan demikian, proses fotosintesis juga akan berlangsung lebih maksimal pada musim kemarau sehingga produksi makanan lebih banyak. 

3. Air dan kelembapan 
Didalam tubuh tumbuhan yang sedang tumbuh berisi kurang lebih 90persen air. Air merupakan komponen utama yang berperan dalam proses fotosintesis dan respirasi, air bertanggung jawab untuk menjaga tekanan turgor didalam sel. Air berperan sebagai pelarut mineral dan karbohidrat yang diserap tumbuhan. Air merupakan pengatur untuk membuka dan menutupnya stomata yang kemudian mengontrol prose transpirasi dan fotosintesis. Air bertanggung jawab sebagai medium yang berperan dalam beberapa reaksi biokimia yang terjadi didalam tubuh tumbuhan. 

4. Nutrisi 
Tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis yang berupa karbohidrat. Karbohidrat tersebut kemudian akan dikombinasikan dengan nutrisi tumbuhan untuk menghasilkan protein, enzim, vitamin, dan unsur penting lain untuk pertumbuhan. Nutrisi tumbuhan lebih menunjukkan pada segala kebutuhan yang diperlukan tumbuhan untuk tumbuh dan berupa unsur kimia dasar. Untuk dapat tumbuh secara normal, tumbuhan memerlukan tujuh belas unsur, tiga unsur yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen, ditemukan didalam udara dan air. Sisanya ditemukan didalam tanah, sisa unsur lainnya dikelompokkan kedalam makronutrien san mikronutrien. 

Gimana sahabat hidupku semuanya. wawasan kalian semua tentang tanaman jadi bertambahkan.????
Selamat menikmati, dan selamat mencoba.??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar