Rabu, 29 Mei 2013

khasiat bunga cengkeh

    Ok sahabat hidupku semuanya. Kita semua pasti sudah sering banget mendengar tanaman yang bernama cengkeh. dan juga mungkin kita juga udah sering banget melihatnya. apalagi untuk ibu-ibu, tapi pasti banyak diantara kita yang belum mengetahui tentang manfaat cengkeh untuk kesehatan. dan kalau anda semua merasa penasaran langsung aja yuk. kita lihat selengkapnya...

Khasiat bunga cengkeh


khasiat bunga cengkeh

      Bunga yang satu ini rasanya emang agak aneh, tapi sering dipakai untuk tambahan rasa dalam salah satu produk yaitu rokok. Tapi ternyata, bunga dan daun cengkeh itu punya khasiat untuk beberapa penyakit. Sebelumnya kenalan dulu sama tumbuhan yang satu ini. Nama latin cengkeh adalah Syzygium aromaticum,(Linn). merr. Secara umum namanya diindonesia adalah cengkeh, orang lampung biasa menamakannya cangkih. Kalau dinias panggilannya ialah sake, sedangkan wunga lawang adalah nama untuk dibali. Orang halmahera dan tidore menamainya gomode.
    Cengkeh sebenernya merupakan tumbuhan perdu yang dapat memiliki batang pohon besar, dan kayu yang keras. hebatnya cengkeh mampu bertahan hidup puluhan bahkan sampai dengan ratusan tahun, tingginya dapat mencapai 20-30 meter dan cabang-cabang yang lebat. Bunga dan buah cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendek serta bertandan. Pada saat masih muda bunga cengkeh berwarna keungu-unguan, kemudian berubah menjadi warna kuning kehijau-hijauan dan berubah lagi menjadi merah muda apabila sudah tua. 
      Sedangkan bunga cengkeh keringakan berwarna coklat kehitaman dan berasa pedas sebab mengandung minyak atsiri. Tumbuhan cengkeh akan umbuh dengan baik apabila cukup air dan mendapat sinar matahari langsung. Di Indonesia, cengkeh cocok ditanam baik didaerah daratan rendah dekat pantai maupun dipegunungan pada ketinggian 900 meter diatas laut. Bunga cengkeh selain mengandung minyak atsiri, juga mengandung senyawa kimia yang disebut eugenol, asam oleanolat, asam galotonat, fenilin, karyofilin, resin dan gon. 

Manfaat cengkeh untuk kesehatan:

1.  Kolera dan menambah denyut jantung 
     Bahan: 
     Bunga cengkeh yang sudah kering. 
     Cara menggunakan: 
    Dikunyah, disesap airnya, dilakukan setiap hari, minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan   lambung serta menambah jumlah darah putih. 

2.  Campak 
     Bahan: 
    10 biji bunga cengkeh dan gula putih 
    Cara membuat: 
   Bunga cengkeh direndam air masak semalam. kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk sampai merata. 
   Cara menggunakan: 
   Diminum sedikit demi sedikit 

3.   Menghitamkan alis mata 
      Bahan: 
      5-7 bunga cengkeh kering dan minya kemiri, 
     Cara membuat: 
    Bunga cengkeh dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan minyak kemiri secukupnya. 
     Cara menggunakan: 
     Dioleskan pada alis mata setiap sore hari. 

   Gimana sahabat hidupku semua. bener kan kalau ternyata cengkeh emang banyak banget manfaatnya. selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar